Pages

Kamis, 03 Mei 2012

Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Manusia Dan Kegelisahan

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini ane akan menulis mengenai hubungan manusia dengan kegelisahan. Cekidot....

Kegelisahan

Kegelisahan banyak memiliki arti yang sama dengan khawatir, cemas, tidak tenang dan tidak merasa tentram hatinya. Menurut ane, kegelisahan merupakan suatu hal yang menceriminkan perasaan seseorang yang tidak tenang dalam tingkah lakunya. Seseorang yang sedang mengalami rasa kegelisahan dapat tercermin pada gerak-gerik tubuh orang tersebut. Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang menimbulkan rasa kegelisahan dalam diri seseorang. 

Berikut ini beberapa faktor macam rasa kegelisahan yang sering dialami seseorang : 

1. Karena Sedang Menunggu Sesuatu

Kegelisahan sering dialami seseorang pada saat mengalami suatu kejadian yang membuat perasaan hatinya menjadi gundah-gulana maupun cemas karena menunggu sesuatu. Contohnya : Menunggu nilai hasil UN bagi siswa SMA, timbul perasaan gelisah apakah dirinya akan lulus atau tidak.
 
2. Ketidakmampuan Seseorang Menyelesaikan Sesuatu

Rasa kegelisahan juga dapat timbul pada saat seseorang merasa frustasi atas suatu hal yang tidak dapat terselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Contoh : Pada saat kita mengerjakan soal dimana soal-soal yang kita kerjakan terasa sulit dan waktu pengerjaan sudah mau habis. Maka, akan timbulah rasa gelisah dalm diri kita yang merasa kerjaan kita belum selesai tapi waktu sudah mau habis.

3. Ketidakmampuan Seseorang Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan.

Rasa kegelisahan ini timbul dikarenakan seseorang yang pindah dari suatu tempat ke temapat yang baru dia tempati. Dimana orang tersebut harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.  Sangatlah susah bila kita ingin menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru kita kenal. Tetapi, kita harus tetap melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan kita yang baru. Bila tidak bisa menyesuaikan diri, maka akan timbul rasa gelisah setiap perbuatan yang kita lakukan di lingkungan baru kita tersebut.

Dan berikut ini beberapa sebab-sebab timbulnya rasa takut :
1. Kurang beriman
2. Kurang atau tidak yakin akan kekuatan diri sendiri
3. Karena merasa bersalah atau berdosa

Sekian postingan dari ane. Mohon maaf bila ada kesalahan pada kata-kata yang ane sampaikan. Terima Kasih...

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar