Pages

Rabu, 25 April 2012

Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Manusia dan Tanggung Jawab

Assalamu'alaikum Wr.WB

Pengertian Tanggungjawab

Setiap manusia yang hidup di dunia ini memiliki rasa tanggungjawab dalam dirinya. Rasa tanggunggwab adalah suatu perasaan yang dimiki manusia dalam menanggung segala perbuatan yang telah dibuatnya. Tanggungjawab juga bisa dikatakan sebagai kewajiban yang harus dipikul dan menanggung segala akibat yang yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Memang sudah seharusnya selama manusia memiliki rasa tanggungjawab dalam dirinya, agar manusia tersebut dapat menanggung akibat apa yang ditimbulkan dari segala perbuatannya. Tapi zaman sekarang ini banyak orang-orang yang rasa tanggungjawabnya sudah menipis. Contohnya adalah seperti orang-orang yang membuang sampah sembarangan. Kita seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Akibat yang ditimbulkan dari kita membuang sampah sembarangan adalah timbul banyaknya penyakit, banjir dan membuat daerah menjadi kumuh. Seharusnya orang yang telah membuang sampah sembarangan memiliki kesadaraan akan bahaya yang ditimbulkannya. Dengan cara bertanggungjawab untuk membersihkan segala sampah yang telah dibuangnya.

Macam-Macam Tanggungjawab

Berikut ini beberapa jenis Tanggungjawab, yaitu :

1. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Contohnya : Kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk beribadah setiap hari. Allah SWT sudah memberikan segala rahmat dan nikmatnya kepada kita. Maka, kita harus bertanggungjawab dengan melaksanakan segala perintahnya, yaitu dengan beribadah.

2. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Mansusia bisa dibilang makhluk individu. Mereka mempunyai hasrat dan keinginan untuk melakukan perbuatan yang merekan inginkan. Tetapi segala perbuatan yang dinginkannya harus dilandaskan dengan rasa tanggungjawab, agar manusia tersebut sadar akan akibat yang akan timbul dari perbuatannya.

3. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Contohnya : Saya sebagai anak memiliki tanggungjawab yaitu membahagiakan kedua orang tua saya. Karena itu juga salah satu perintah dari Allah SWT. Selain itu, kita sebagai sebuah keluarga harus saling menjaga satu sama lain, agar keluargi ini akan selalu tetap utuh selamnya.

4. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Manusia selain makhluk individual juga merupakan makhluk sosial. Seorang manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan dari manusia disekitarnnya. Segala perbuatan yang kita lakukan akan dinilai oleh masyarakat yang ada disekitar kita. Bila selama kita hidup melakukan perbuatan yang tidak baik, maka kita bisa dikucilkan oleh masyakarat. Oleh karena itu, kita haruslah memiliki tanggungjawab dengan menjaga sopan santun kita dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara
Kita sebagai warga yang bertempat tinggal dalam suatu negara, sudah seharusnya memiliki rasa nasioanlis. Seperti yang tercantum dalam pasal 30 UUD 1945 : kita sebagai rakyat Indonesia wajib untuk bela negara. Bila terjadi sesuatu terhadap negara ini, kita sebagai rakyat wajib untuk membantu menyelesaikan segala persoalan yang terjadi dengan negara ini.

Sekian dulu postingan dari saya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Wassalamu'alaikum Wr.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar