Pages

Kamis, 19 April 2012

Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Manusia dan Pandangan Hidup

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan menerangkan hubungan antara Manusia dan Pandangan Hidup.

Pandangan Hidup
 
Manusia dan pandangan hidup memiliki hubungan yang sangat erat dalam kehidupan ini. Dan setiap manusia harus memiliki pandangan hidup, agar kelangsungan hidup seseorang memiliki suatu arah tujuan. Definisi mengenai pandangan hidup sangatlah banyak. Menurut saya, pandangan hidup adalah suatu pedoman atau arahan hidup manusia, agar manusia tidak melangsungkan kehidupan ini secara sia-sia. Pandangan hidup ditentukan oleh bagaimana cara pemikiran seseorang untuk mengimplementasikan jiwa dan raganya untuk memperoleh kehidupan yang menyenangkan. Jika seseorang tidak memiliki suatu pandangan hidup dalam dirinya, maka orang tersebut sangatlah menyia-nyiakan kehidupannya.

Cita-cita

Cita-cita hampir memiliki arti yang sama dengan pandangan hidup. Menurut saya, cita-cita adalah suatu keinginan atau impian yang kita ingin capai suatu saat nanti. Suatu cita-cita dapat digapai oleh seseorang, apabila orang tersebut melakukan usaha yang keras untuk meggapainya. Cita-cita sangat mudah berubah-ubah dalam diri manusia,. Sebenarnya kita memiliki banyak cita-cita sejak kecil dan sudah beberapa diantaranya sudah kita capai. Pada saat masa kecil kita memiliki cita-cita untuk berjalan, kita berusaha untuk memepelajari cara berjalan yang pada akhirnya kita dapat melakukannya. Lalu, setelah kita dapat berjalan cita-cita kita kemudian berubah yaitu ingin bisa berbicara yang pada akhirnya kita dapat melakukannya. Jika seseorang tidak memiliki cita-cita, maka orang tersebut akan merugi. Karena orang tersebut hanya bertahan pada posisi tertentu yang sudah dicapai. Padahal, bila kita memiliki cita-cita dan pada akhirnya cita-cita tersebut , maka kita memiliki suatu rasa kepuasan batin dalam diri kita.

Kebajikan

Kebajikan adalah suatu perbuatan baik yang  dimana perbuatan tersebut sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Kebajikan timbul dalam diri manusia secara tiba-tiba, dimana rasa kerendahan hati kita untuk melakukan suatu perbuatan baik. Dalam llingkungan masyarakat sangatlah dibutuhkan orang-orang yang memiliki rasa kebajikan, agar tercipta suatu keharmonisan dalm kehidupan yang kita jalani ini.

Usaha / Perjuangan

Usaha atau perjuangan sangat berkaitan erat dengan cita-cita. Cita-cita dapat terwujud apabila kita melakukan suatu usaha/perjuangan. Bila kita menginginkan sukses kunci nya kita harus berusaha dan berdoa. Setiap manusia harus bekerja keras demi kelangsungan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar