Pages

Jumat, 27 Juni 2014

Dampak Dari Media Sosial

Semenjak kita membuka akun di sosial media, seringkali kita jadi terlalu asyik dan lebih aktif di dunia maya. Sadar atau tidak, banyak kebiasaan sehari-hari yang mulai berubah karena hal ini. Tidak semua orang selalu eksis di media sosial sih, tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa anak-anak muda Indonesia zaman sekarang ini seperti kita adalah penggila Facebook, Twitter, Path atau Instagram. Padahal, dengan ada nya fitur yang disediakan oleh aneka media sosial itu, membuat para penggunanya menjadi terpengaruh dan memiliki gaya hidup baru. Mau tahu kebiasaan baru nya seperti apa aja.

Berikut ini kebiasaan yang timbul dari seseorang yang biasa menggunakan medial sosial

1. Narsis (Selfie)


Instagram dan Path adalah dua media sosial yang biasa digunakan untuk tempat berbagi foto, dimana di kedua media sosial tersebut menyediakan fitur picture editing. Picture editing adalah proses mengedit foto atau gambar dengan efek-efek warna hingga foto tersebut telihat unik.Dengan adanya fitur tersebut banyak sekali orang-orang yang jadi ketagihan untuk berfoto-foto. Salah satu model foto yang lagi booming saat ini adalah selfie. Dimana seseorang memotret dirinya sendiri, tanpa dibatu orang lain untuk memotret dirinya.



2. Foto Makanan

Dari dulu orang tua kita selalu mengajarkan untuk berdoa dulu sebelum makan. Tetapi zaman sekarang telah berubah dengan adanya media sosial seperti Path dan Instagram. Bukannya berdoa lalu makan, saat ini orang-orang memfoto makanan mereka terlebih dahulu lalu di upload ke media sosial mereka agar orang lain tahu kita sedang makan apa.

3. Jadi Suka Pamer


Meskipun niatnya cuma nge-share foto-foto pribadi saja, sadar atau tidak itu bisa dianggap sebagai ajang pamer ?. Karen melihat teman-teman yang lain pada hobi banget share foto-foto mereka, jadi ingin ikutan dan gak mau kalah. foto-fotoin makanan, ngumpul di cafe mahal sama temen-temen, liburan seru di suatu tempat, bahkan ada juga yang suka pamer otot tubuh mereka.

4. Kurang Perhatian Denga Lingkungan Sekitar


Kasus ini biasanya untuk para pengguna media sosial yang sudah akut. Begitu asiknya orang tersebut eksis di media sosial, mereka menjadi tidak memperdulikan apa yang terjadi dengan lingkungan sekitar. Heboh potert sana potret sini buat di share di Path atau Instagram, membuat mereka tidak tasadar jika suatu hal terjadi di sekitar lingkungannya.

5. Makan Bareng Tapi Tidak Ngobrol


Kalian pernah lihat tidak seseorang yang sedang makan bersama teman-temanya ataupun keluarganya , tetapi mereka tidak saling mengobrol satu sama lain ?. Mereka tidak mengobrol satu sama lain, karena sibuk dengan gadget mereka untuk update di media sosial ataupun chatting dengan teman mereka yang lain. Sangat disayangkan bila itu tejadi ketika kita sedang berkumpul makan, kita malah asyik dengan dunia kita sendiri.

6. Seketika Jadi Orang Yang Bijak


Sering aktifnya di media sosial juga bisa membuat seseorang jadi lebih positif dalam berpikir. Banyak orang yang menulis status di media sosial mereka dengan kata-kata bijak atau kutipan dari tokoh-tokoh terkenalyang sangat menginspirasi. Kata-kata bijak tersebut seperti memberikan suntikan semangat bagi kita. Kebiasaan ini bisa memberikan dampak positif karena bisa menularkan pikiran positf kita kepada orang lain yang membaca status kita.

7.  Jadi Lebih Kreatif


Media sosial tidak hanya membuat seseorang lebih bijak, mereka juga bisa menjadi lebih kreatif. Terutama soal humor atau candaan  yang bisa bikin kita tertawa. Seperti di Path atau Instagram, banyak orang yang berlomba-lomba share foto-foto yang sudah di edit dengan kata-kata yang lucu yang membuat kita tertawa terbahak-bahak.

Nah, ternyata banyak banget dampak yang ditimbulkan media sosial bagi kehidupan kita, baik yang positif maupun negatif. Ya, sejak dulu memang teknologi memiliki kekuatan untuk mengubah peradaban manusia.

Quotes : Sekarang semuanya kembali lagi pada manusianya sendiri : jalan manakah yang akan mereka ambil? Semoga semakin ke depan nanti, semakin banyak manusia yang lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai, sebuah ciptaan manusia bisa menghancurkan manusia itu sendiri!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar